Langsung ke konten utama

10 Kiat Sukses Membuat Bakso Sendiri Di Rumah

🍡🍡🍡🍡🍡🍡🍡🍡

      🖇Bismillah🖇

        🌯Tips Dan Info🌯


🌺10 Kiat Sukses Membuat Bakso Sendiri Di Rumah ((Femina))

🌺 6. Jenis ikan yang paling tepat untuk meracik bakso ikan?

Gunakan ikan berdaging putih dengan duri yang tidak menyebar, sehingga memudahkan proses pengambilan daging. Ikan tenggiri, kakap, dan kerapu adalah jenis ikan yang bisa digunakan untuk bakso. Jika ingin cita rasa lebih manis dan sedap, tambahkan udang ke dalam adonan.

⤵Untuk tekstur bakso ikan yang kenyal, tambahkan es batu ke dalam adonan ikan dan tepung tapioka. Saat proses pengulenan, banting-banting adonan hingga kalis. Bentuk bulat adonan, rebus dalam air mendidih hingga matang, kemudian rendam dalam air es.

🌺7. Apa rahasia kuah bakso sedap?

Gunakan tulang sapi bagian dengkul untuk membuat kuah bakso. Dalam tulang dengkul terkandung sumsum yang memberi rasa gurih dan sedap pada kuah. Tambahkan bahan penyedap, seperti bawang putih, merica, batang seledri dan batang bawang daun untuk memberi rasa dan aroma pada kuah.

🌺8. Selain direbus dan digoreng dengan bentuk bulat, adakah variasi lain memasak bakso?

Bakso juga bisa dibuat dengan cara dikukus atau dipanggang. Untuk bakso bentuk kotak, cara memasaknya adalah dengan cara dikukus. Gunakan loyang yang dialasi plastik beroles minyak, masukkan adonan, lalu kukus hingga matang. Kemudian didiamkan hingga tidak panas, potong-potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. Untuk adonan bakso panggang biasanya ditambahkan telur, tepung terigu, atau tepung roti untuk memberi tekstur legit.

🌺9. Bagaimana menyimpan bakso agar tahan lama?

Tiriskan bakso untuk menghilangkan kandungan airnya agar tak berbau dan tak berlendir saat disimpan. Gunakan kain bersih atau tisu dapur untuk memastikan bakso sudah tidak berair. Masukkan dalam wadah kedap udara. Jika disimpan dalam suhu lemari es, bakso bisa bertahan hingga 5 hari.
Jika disimpan dalam freezer, bakso bisa bertahan 3 bulan. Simpan bakso dalam plastik tebal dan tidak menumpuk satu sama lain, kemudian divakum hingga kedap udara, simpan dalam freezer.

🌺10. Di pasaran, kini hadir bahan pengenyal bernama STTP. Amankah menggunakannya sebagai pengenyal bakso?

STPP atau sodium tripolipospat adalah bahan tambahan pangan yang diizinkan sebagai texturing agent atau pemberi tekstur. Bahan tambahan pangan berbentuk bubuk ini berfungsi mengenyalkan, dengan warna putih dan tidak berbau. Biasanya dicampur ke dalam adonan bakso, mi, sosis, atau produk sejenis. Penambahan bahan ini masih dalam batas aman sesuai dengan BPOM, yaitu 0.22% per kilogram total bahan. (f)

         √Selesai√

   🌷بارك  الله فيكن 🌷

🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺

🍱 *Menyajikan Menu Terbaik Adalah Ibadah* 🍱

🍝 *DAPUR SALAFIYAH INDONESIA* 🍵

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KROKET KENTANG

*بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ* 🥔 *_KROKET KENTANG_* 🥔 📝 Resep dan Kreasi Ummu Fathimah Pamekasan, DSI 1⃣ 🛒 *Bahan yang di butuhkan :* 🥔 1 kg kentang di rebus / kukus ➡ Kupas dan haluskan _(di ulek)_ 🍶 1 gelas tepung terigu segitiga biru, yang lain juga tidak masalah. Perkiraan dalam 1 gelas kurang lebih 3 ons 🥄 1 sdm gula pasir 🥄 1 sdt garam 🎗 1 1/2 ons margarin /mentega. 🥄🥄 2 sdm susu bubuk / fullcream. _( 1 bungkus yang harga 3500,di masukan semua tidak masalah)_ 🥚🥚🥚3 butir kuning telur masukan 1 putihnya. *Caranya :* Aduk margarin / mentega, gula, susu, kentang, garam, tepung, dan telur jadi satu sampai rata. _Adonan jangan terlalu lembek / halus,  kalau terlalu halus / lembut tidak bisa di bentuk_ Misalnya terlalu lembut tambahkan tepung sedikit/secukupnya agar bisa di bentuk _(jangan ditambah terlalu banyak)_ ❕Apabila kebanyakan tepung, pastel akan keras kalau sudah di goreng. 🍲 *Isi pastel :* 🥕Wortel 1/2kg, potong kecil²

🍩 DONUT ALA JCO 🍩

🍩🍩🍩🍩🍩🍩🍩🍩🍩 *بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ* Kali ini buat mini donuts. Bahkan resep ini pernah disebut2 ala JCO lho ummah.. karena emang teksturnya kompos ga padet jadi makan satu mana cukup hehe.. dan ana emang lebih suka sama donat yang kompos jadi gak ngenyangin dan bikin nagih.. maa syaa Allah... Recook : Ummu Syaima Pwk, DSI 2⃣ 🍩 DONAT ALA JCO 🍩 By : Juni Puspita Fisalia ✔ Bahan Tangzhong : 25 gr tepung 150 ml air kedua bahan tsb dimasak diatas api kecil smpai menjadi bubur cair putih dan berjejak tp tdk sampai menjadi sangat kental dan berjejak. ✔ Bahan Donat : 500 gr tepung cakra 11 gr ragi (1 sachet) kurleb 250 cc air matang 75 gr gula (kl kurang manis atau asin bs ditambah atau dikurangi sesuai selera) 60 gr susu full cream 2 butir kuning telur 65 gr mentega putih dilelehkan, diberi sedikit garam sesuai selera, spy hasil donat lebih gurih. Vanili ✔ Cara Membuat : 1. Campurkan Tepung, ragi, gula, susu, telur dan adonan tangz

PUDING COKLAT NUTRIJEL

بسم الله الرحمن الرحيم 〰〰 Kreasi Ahad 〰〰                  18 Maret 2018 〰〰〰〰〰〰〰〰 🍫Puding Coklat Nutrijel🍫 📝 _Resep dan kreasi Tim DSI_ Bahan : 1 bungkus nutrijel coklat @20 gr. 1 bungkus bubuk agar coklat @7gr. 500 ml air 500 ml susu cair coklat. 170 gr gula pasir/sesuai selera. Sedikit garam. Cara  Membuat : Campur nutrijel coklat, bubuk agar coklat dengan air. aduk hingga tidak menggumpal. Tuang susu cair coklat, gula, garam. aduk rata. rebus sambil di aduk hingga mendidih. Matikan api. teruskan mengaduk hingga uap berkurang. Tuang dalam cetakan yang sudah di basahi air. biarkan dingin. Simpan dalam kulkas jika suka. Sajikan. Selamat mencoba. semoga bermanfaat. 🍱 *Menyajikan Menu Terbaik Adalah Ibadah* 🍱 🍝 *DAPUR SALAFIYAH INDONESIA* 🍵